PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INTERNET PADA NEW MEDIA
DISUSUN OLEH :
NAMA
: OKTAFIANDO SILA PRADHANA
KELAS
: 2IA16
NPM
: 55415257
JURUSAN : TEKNIK
INFORMATIKA
MATA KULIAH : Peng. Tek. Internet & New Media
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Internet pada saat ini adalah hal
yang utama yag terpenting dalam kehidupan manusia zaman ini. Tidak dipungkiri
bahwa penggunaanya hampir melibatkan seluruh masyarakat di dunia ini.
Sehingga dengan adanya internet ilmu pengetahuan maupun sosial mudah untuk
didapatkan. Itulah mengapa media Internet sangat dibutuhkan saat ini.
Segala puji
kepada Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini
dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik. Yang akan memberikan manfaat dorongan dan motivasi kepada Masyarakat tentang penjabaran
Media Internet.
New media (Media baru), saat ini
selalu update setiap harinya. Yaitu tidak luput karena bantuan dari internet,
sehingga menjadi mudah sekali untuk mendapatkan media-media baru saat ini. Oleh
karena itu masyarakat saat ini mempunya banyak ilmu pengetahuan yang didapat
dengan mudah dan akses yang cepat.
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Rumusan
Masalah
BAB II ISI
A. Definisi New Media
B. Manfaat New Media
C. Komponen New Media
D. Aplikasi New Media
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
REFERENSI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Pada zaman sekarang yang serba
modern, menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi bertebaran Dalam bentuk Media. Media setiap harinya menambahkan
berita baru. Sehingga seakan akan media dari Internet lah yang setiap hari
kita lihat.
New Media terbagi berbagai macam
bentuk. Namun masyarakat sekarang ini hanya ingin sekedar tau tanpa ingin
mengetahui New media secara garis besar.
Di Indonesia,
hampir secara keseluruhan masyarakat
sudah berkegantungan dengan media. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan
lebih lanjut tentang New Media dan dalam segi manfaat apakah negatif atau
positif.
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana animo masyarakat menanggapi hal ini ?
2. Apa unsure penyusun New Media ?
3. Mengapa New Media Perlu kita ketahui lebih dalam?
BAB II
ISI
A. Definisi New Media
Media Baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan
sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara
manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya
adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang
menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut para ahli :
Menurut Everett M.
Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi
ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi
cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif.
Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice
mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan.
Sementara menurut
McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi
terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan
jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi
yang semakin meningkat.
B. Manfaat New Media
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun. Bidang Industri/Dagang : Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus. Bidang Pendidikan : Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi. Bidang Lowongan Kerja : Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
C. Komponen New Media
Pada new media ada beberapa
komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang
digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya
adalah sebagai berikut:
D. Aplikasi New Media
-Jejaring sosial
Contoh aplikasi new media dalam
bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space,
skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di
jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll.
Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
-Online Shop
Produk produk sekarang dengan
mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar
didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter,
blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara
cepat.
-Informasi/pendidikan
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu : Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita. CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah. Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual. Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik. BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book). Dan sebagainya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahwa untuk saat ini New Media
sangat memenuhi kebutuhan dalam segi informasi. Negatif maupun positifnya
media yang kita terima, kembali kepada pribadi kita masing-masing dalam
menyikapinya.
B. Saran
Sebaiknya masyarakat lebih
berfikir logis agar tidak dengan mudah terprovokasi oleh media saat ini.
Sehingga masyarakat dapat menyimpulkan fakta secara real dan menjadi pribadi
yang cermat.
REFERENSI
1.
https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/2
3.
http://syarofiazamy.blogspot.co.id/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
|
0 Comments:
Post a Comment