Saturday, October 22, 2016

ANALISA TERHADAP FITUR DAN KONTEN YANG ADA PADA YOUTUBE, FACEBOOK, TWITTER, BLOG, DAN GAME ONLINE

Filled under:

ANALISA FITUR KONTEN MEDIA SOSIAL


DISUSUN OLEH  :
NAMA                  : OKTAFIANDO SILA PRADHANA
KELAS                 : 2IA16
NPM                     : 55415257
JURUSAN            : TEKNIK INFORMATIKA
MATA KULIAH  : Peng. Tek. Internet & New Media


UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR




Internet pada saat ini adalah hal yang utama yag terpenting dalam kehidupan manusia zaman ini. Tidak dipungkiri bahwa penggunaanya hampir melibatkan seluruh masyarakat di dunia ini. Sehingga dengan adanya internet ilmu pengetahuan maupun sosial mudah untuk didapatkan. Itulah mengapa media Internet sangat dibutuhkan saat ini.

Segala puji kepada Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Yang akan memberikan manfaat dorongan dan motivasi kepada Masyarakat tentang penjabaran Media Internet.

Media sosial, saat ini selalu update setiap harinya. Yaitu tidak luput karena bantuan dari internet, sehingga menjadi mudah sekali untuk mendapatkan konten-konten terbaru saat ini. Oleh karena itu masyarakat saat ini mempunya banyak ilmu pengetahuan yang didapat dengan mudah dan akses yang cepat.










DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

B.     Rumusan Masalah

BAB II ISI

A.      Manfaat, kelebihan, kekurangan YouTube
B.      Manfaat, kelebihan, kekurangan Facebook
C.      Manfaat, kelebihan, kekurangan Twitter
D.      Manfaat, kelebihan, kekurangan Blog
E.      Manfaat, kelebihan, kekurangan Games Online

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan
B.    Saran

REFERENSI



BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah
Pada zaman sekarang yang serba modern, menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bertebaran Dalam bentuk Media sosial. Media setiap harinya menambahkan berita baru. Sehingga seakan akan media dari Internet lah yang setiap hari kita lihat.

Konten Media sosial terbagi berbagai macam bentuk. Namun masyarakat sekarang ini hanya ingin sekedar tau tanpa ingin mengetahui New media secara garis besar.

Di Indonesia. Hampir 95% nya sudah ketergantungan oleh media sosial. Hal itu menunjukan betapa kuatnya pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat sekarang. Oleh karena itu, media sosial selalu mendapatkan tempat dihati masyarakat dunia saat ini, tidak terkecuali di Indonesia.


B.       Rumusan Masalah
1.        Bagaimana animo masyarakat menanggapi hal ini ?
2.        Apa unsur yang menjadi daya tarik Media Sosial saat ini ?
3.        Mengapa Media Sosial berperan penting pada saat ini ?



BAB II
ISI
A.  Konten Youtube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
Dari segi pemanfaatan. Youtube pada saat ini sangat bermanfaat sekali untuk ditonton. Pengaruhnya untuk saat ini melebihi konten pada televisi. Selain itu, YouTube juga bisa menjadi sarana pekerjaan, Ya tentu saja para pelaku di dunia YouTube yang harus selalu me Uploaded konten-konten yang segar, agar mendapat Viewers dan Subcribers terbanyak agar nantinya bisa dicalculasikan, dan mendapatkan hasil. Dan untuk para pelakunya bisa kita sebut sebagai Youtubers.
Kelebihan YouTube meliputi :
-Sarana untuk menonton berbagai Video.
-Sarana pekerjaan.
-Konten non berbayar.

Kekurangan YouTube Meliputi :
-Konten-kontennya masih belum terproteksi dengan baik, sehingga banyak mengandung unsur negatif.
-Masih mengandung SARA dalam berkomentar.
-Masih perlu bimbingan orang tua apabila anak-anak sedang menonton.


B. Konten Facebook.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhirdasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Dari segi pemanfaatan, Facebook saat ini menjadi nomer satu dalam konten media sosial. Dengan mode awal hanya untuk chatting semata. Namun sekarang juga bisa untuk video call, bermain game, ataupun untuk berbisnis.
Kelebihan Facebook meliputi :
-Sarana Chatting.
-Sarana untuk menonton video.
-Sarana berbisnis.
-Konten non berbayar
-Untuk menulis unlimited Characters.

Kekurangan Facebook meliputi :
-Membuat penggunanya menjadi Addicted.
-Masih mengandung SARA.

C. Konten Twitter.
Twitter  adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan peladen tambahan terdapat diNew York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif.
Dari segi pemanfaatan, Twitter nomer 2 setelah Facebook. Hampir sama, namun hanya fokus sebagai penyedia layanan Chatting, Shared video, maupun update status bisa juga mengcopy status orang lain (retweet).
Kelebihan Twitter meliputi :
-Tampilan ringan, sehingga tidak memberatkan memory perangkat anda.
-Sarana Chatting.
-Sarana Update status.
-Sarana melihat berita tergantung konten yang kita following.

Kekurangan Twitter meliputi :
-membuat Addicted penggunanya.
-Maksimal penggunaan 140 karakter (tidak boleh lebih).
-tidak secanggih rivalnya (Facebook).

D. Konten Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Dari segi pemanfaatan, Blog mempunyai peran sebagai penyedia berita-berita yang nantinya akan masuk kedalam kategori mesin pencarian google. Sehingga berita-berita dunia lebih luas, juga blog sebagai ilmu pengetahuan baru, yang berdasarkan kepada pemilik blog itu sendiri. Dan juga blog sebagai sarana pekerjaan. Biasanya para pelakunya disebut sebagai Blogger.
 Kelebihan Blog meliputi :
-Media ilmu dan berita.
-Sebagai wadah untuk berbisnis (Online Shop).
-Sebagai penyedia layanan berbasis konten berita.

Kekurangan Blog meliputi :
-rentan terkena virus.
-Mudah disalahgunakan (Konten Menyimpang).
-Bisa terkena serangan hacker.

E.Konten Games Online.
Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).

Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat
Dari segi pemanfaatan, Games Online sangat bermanfaat untuk merefresh otak (optional). Ketika kita sedang banyak pikiran untuk melakukan sesuatu, jalan satu-satunya adalah dengan bermain Games Online ini. Para pelaku Game Online juga bisa disebut sebagai Gamers.

Kelebihan Games Online meliputi :
-Lahan Bisnis.
-media refreshing.

Kekurangan Games Online meliputi :
-dengan adanya Real Money Trading, banyak terjadi penipuan.
-Addicted person.
-kematian.

BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Bahwa Konten-konten diatas mempunya peran masing-masing dan tentunya menuai banyak manfaat, kelebihan dan kekurangan.

B.Saran
Pilihlah konten yang berdasarkan kepada umur anda. Jangan yang seharusnya anda membuka konten anak-anak, namun membuka konten dewasa (menyimpang). Plihlah konten yang bermanfaat, agar dapat menjadikan anda pribadi yang lebih baik.



REFERENSI
-Wikipedia.com
-https://reviandhika95.wordpress.com/2012/10/12/sejarah-dan-perkembangan-game-online/
1.  -https://hendradp.wordpress.com/2008/07/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog/












0 Comments:

Post a Comment