ANALISA FITUR KONTEN MEDIA SOSIAL
DISUSUN OLEH :
NAMA
: OKTAFIANDO SILA PRADHANA
KELAS
: 2IA16
NPM
: 55415257
JURUSAN :
TEKNIK INFORMATIKA
MATA KULIAH : Peng. Tek.
Internet & New Media
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Internet pada saat ini
adalah hal yang utama yag terpenting dalam kehidupan manusia zaman ini. Tidak
dipungkiri bahwa penggunaanya hampir melibatkan seluruh masyarakat di dunia
ini. Sehingga dengan adanya internet ilmu pengetahuan maupun sosial mudah
untuk didapatkan. Itulah mengapa media Internet sangat dibutuhkan saat ini.
Segala puji kepada
Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan
penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik. Yang akan memberikan manfaat dorongan dan
motivasi kepada Masyarakat tentang penjabaran Media Internet.
Media sosial, saat ini
selalu update setiap harinya. Yaitu tidak luput karena bantuan dari internet,
sehingga menjadi mudah sekali untuk mendapatkan konten-konten terbaru saat
ini. Oleh karena itu masyarakat saat ini mempunya banyak ilmu pengetahuan yang
didapat dengan mudah dan akses yang cepat.
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Rumusan
Masalah
BAB II ISI
A. Manfaat,
kelebihan, kekurangan YouTube
B. Manfaat,
kelebihan, kekurangan Facebook
C. Manfaat,
kelebihan, kekurangan Twitter
D.
Manfaat, kelebihan, kekurangan Blog
E. Manfaat, kelebihan, kekurangan Games
Online
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
REFERENSI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Pada zaman sekarang
yang serba modern, menjadi daya tarik tersendiri untuk sebuah kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi bertebaran Dalam bentuk Media sosial. Media setiap
harinya menambahkan berita baru. Sehingga seakan akan media dari Internet lah
yang setiap hari kita lihat.
Konten Media sosial
terbagi berbagai macam bentuk. Namun masyarakat sekarang ini hanya ingin
sekedar tau tanpa ingin mengetahui New media secara garis besar.
Di Indonesia. Hampir 95%
nya sudah ketergantungan oleh media sosial. Hal itu menunjukan betapa kuatnya
pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat sekarang. Oleh karena itu, media
sosial selalu mendapatkan tempat dihati masyarakat dunia saat ini, tidak
terkecuali di Indonesia.
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
animo masyarakat menanggapi hal ini ?
2. Apa
unsur yang menjadi daya tarik Media Sosial saat ini ?
3. Mengapa
Media Sosial berperan penting pada saat ini ?
BAB II
ISI
A. Konten
Youtube
YouTube adalah
sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan
karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini
memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California,
dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam
konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video
musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video
orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh
individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain
sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program
kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat
menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam
jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya
bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November
2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan
resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
Dari segi pemanfaatan.
Youtube pada saat ini sangat bermanfaat sekali untuk ditonton. Pengaruhnya
untuk saat ini melebihi konten pada televisi. Selain itu, YouTube juga bisa
menjadi sarana pekerjaan, Ya tentu saja para pelaku di dunia YouTube yang
harus selalu me Uploaded konten-konten yang segar, agar mendapat Viewers dan
Subcribers terbanyak agar nantinya bisa dicalculasikan, dan mendapatkan
hasil. Dan untuk para pelakunya bisa kita sebut sebagai Youtubers.
Kelebihan YouTube meliputi :
-Sarana untuk menonton berbagai Video.
-Sarana pekerjaan.
-Konten non berbayar.
Kekurangan
YouTube Meliputi :
-Konten-kontennya masih belum terproteksi dengan
baik, sehingga banyak mengandung unsur negatif.
-Masih mengandung SARA dalam berkomentar.
-Masih perlu bimbingan orang tua apabila anak-anak
sedang menonton.
B. Konten Facebook.
Facebook adalah
sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari
2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika
Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu
miliar pengguna
aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon
genggam. Pengguna
harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna
dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar
pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan
yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi,
atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama
teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo
Saverin, Andrew
McCollum, Dustin
Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain
di Boston, Ivy
League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka
untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer
Reports bulan
Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun
Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan
layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan
jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif
bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar
"terbaik" akhirdasawarsa dengan
komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita,
mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki
138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6%
penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar
Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna
aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada
tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika
Serikat dengan
tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan
setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Dari segi pemanfaatan,
Facebook saat ini menjadi nomer satu dalam konten media sosial. Dengan mode
awal hanya untuk chatting semata. Namun sekarang juga bisa untuk video call,
bermain game, ataupun untuk berbisnis.
Kelebihan Facebook meliputi :
-Sarana Chatting.
-Sarana untuk menonton video.
-Sarana berbisnis.
-Konten non berbayar
-Untuk menulis unlimited Characters.
Kekurangan Facebook meliputi :
-Membuat penggunanya menjadi Addicted.
-Masih mengandung SARA.
C. Konten
Twitter.
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks
hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs
jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter
telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki
dengan "pesan singkat dari Internet. Di Twitter, pengguna tak terdaftar
hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau
melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat
dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari
2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di
antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan
penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa
populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta
kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per
hari. Hal ini menyebabkan
posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di
dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan
layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek,
misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga
dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna,
gugatan hukum, dan penyensoran.
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan
kantor dan peladen tambahan terdapat diNew York City, Boston, dan San Antonio. Hingga Mei
2015, Twitter telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna, 302 juta di
antaranya adalah pengguna aktif.
Dari segi pemanfaatan,
Twitter nomer 2 setelah Facebook. Hampir sama, namun hanya fokus sebagai
penyedia layanan Chatting, Shared video, maupun update status bisa juga
mengcopy status orang lain (retweet).
Kelebihan Twitter meliputi :
-Tampilan ringan, sehingga tidak
memberatkan memory perangkat anda.
-Sarana Chatting.
-Sarana Update status.
-Sarana melihat berita tergantung konten
yang kita following.
Kekurangan Twitter meliputi :
-membuat Addicted penggunanya.
-Maksimal penggunaan 140 karakter (tidak
boleh lebih).
-tidak secanggih rivalnya (Facebook).
D. Konten Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com,
yang dimiliki oleh Pyra
Labs sebelum
akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak
itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber
terbuka yang
diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,
mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye
politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian
lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas
interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom
komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar
atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang
bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Situs-situs web yang saling berkaitan
berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana
sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar
berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi
dalam blogosphere, maka
hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Dari segi pemanfaatan,
Blog mempunyai peran sebagai penyedia berita-berita yang nantinya akan masuk
kedalam kategori mesin pencarian google. Sehingga berita-berita dunia lebih
luas, juga blog sebagai ilmu pengetahuan baru, yang berdasarkan kepada pemilik
blog itu sendiri. Dan juga blog sebagai sarana pekerjaan. Biasanya para
pelakunya disebut sebagai Blogger.
Kelebihan Blog meliputi :
-Media ilmu dan berita.
-Sebagai wadah untuk berbisnis (Online Shop).
-Sebagai penyedia layanan berbasis konten berita.
Kekurangan
Blog meliputi :
-rentan terkena virus.
-Mudah disalahgunakan (Konten Menyimpang).
-Bisa terkena serangan hacker.
E.Konten
Games Online.
Perkembangan game
online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan
untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer
hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah
computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan
game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang
sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun
1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer
networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah
mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan
adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk
kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini
kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun
2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai
game online semakin cepat
Dari
segi pemanfaatan, Games Online sangat bermanfaat untuk
merefresh otak (optional). Ketika kita sedang banyak pikiran untuk melakukan
sesuatu, jalan satu-satunya adalah dengan bermain Games Online ini. Para
pelaku Game Online juga bisa disebut sebagai Gamers.
Kelebihan
Games Online meliputi
:
-Lahan Bisnis.
-media refreshing.
Kekurangan
Games Online meliputi
:
-dengan adanya Real Money Trading, banyak terjadi
penipuan.
-Addicted person.
-kematian.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Bahwa Konten-konten
diatas mempunya peran masing-masing dan tentunya menuai banyak manfaat,
kelebihan dan kekurangan.
B.Saran
Pilihlah konten yang
berdasarkan kepada umur anda. Jangan yang seharusnya anda membuka konten
anak-anak, namun membuka konten dewasa (menyimpang). Plihlah konten yang
bermanfaat, agar dapat menjadikan anda pribadi yang lebih baik.
REFERENSI
-Wikipedia.com
-https://reviandhika95.wordpress.com/2012/10/12/sejarah-dan-perkembangan-game-online/
1. -https://hendradp.wordpress.com/2008/07/06/kelebihan-dan-kekurangan-blog/
|
0 Comments:
Post a Comment