Sunday, October 28, 2018

Profil Perusahaan Bukalapak

Filled under:


PROFIL PERUSAHAAN BUKALAPAK


DISUSUN OLEH  :
NAMA                  : OKTAFIANDO SILA PRADHANA
KELAS                 : 4IA16
NPM                     : 55415257
JURUSAN            : TEKNIK INFORMATIKA
MATA KULIAH  Pengantar Bisnis Informatika#
DOSEN                     : WALIYA RAHMAWANTI S.Kom., MMSI.


UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR





Internet pada saat ini adalah hal yang utama yag terpenting dalam kehidupan manusia zaman ini. Tidak dipungkiri bahwa penggunaanya hampir melibatkan seluruh masyarakat di dunia ini. Sehingga dengan adanya internet ilmu pengetahuan maupun sosial mudah untuk didapatkan. Itulah mengapa media Internet sangat dibutuhkan saat ini.

Segala puji kepada Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Yang akan memberikan manfaat dorongan dan motivasi kepada Masyarakat tentang penjabaran Media Internet.

E-Commerce, saat ini selalu menjadi daya tarik untuk jual beli. Yaitu tidak luput karena bantuan dari internet, sehingga menjadi mudah sekali untuk mendapatkan barang baru yang ingin kita beli saat ini. Oleh karena itu masyarakat saat ini mempunyai paradigma baru dalam proses jual beli yang didapat dengan mudah dan akses yang cepat.










DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

B.     Rumusan Masalah

BAB II 
ISI

A.      Definisi E-Commerce
B.      Profil perusahaan Bukalapak


BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan
B.    Saran

REFERENSI



BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah
Perkembangan E-Commerce atau toko online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai. Beragam kemudahan dalam berbelanja, bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat Indonesia menjadikan Online Shop sebagai salah satu “tempat berbelanja”. Hal ini membuat banyak penjual E-Commerce yang berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagai cara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana Online Shopping sangat diminati oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini. 


B.       Rumusan Masalah
1.        Bagaimana animo masyarakat menanggapi hal ini ?
2.        Apa unsur penyusun E-Commerce ?
3.        Mengapa belanja dengan E-Commerce lebih diprioritaskan masyarakat sekarang?



BAB II
ISI
A.  Definisi E-Commerce
E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Selain itu, E-Commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut


B. Profil Perusahaan Bukalapak

    Bukalapak adalah perusahaan dibidang E-Commerce, dengan visi menjadi marketplace nomor 1 di Indonesia, dan misi memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia, terus membulatkan tekat perusahaan ini untuk mengembangkan sayapnya di era sekarang. Tercatat dari tahun berdiri pada 2010 silam, perusahaan ini telah memiliki karyawan sekitar 500 orang, dan yang menaruh (mempercayai para UKM untuk menaruh produk mereka pada perusahaan tersebut) / pelapak, sekitar 1,3 per tahun 2016. Perusahaan ini beralamatkan di Plaza City View Lt. 1 Jl. Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu Pejaten Barat Jakarta 12510 Indonesia, dan memiliki jam kerja Setiap hari pukul 07:00—22:00 WIB.


    Bukalapak merupakan perusahaan dalam bidang E-Commerce yang sudah terkemuka di Indonesia yang menjadi sarana untuk jual beli dari konsumen ke konsumen sehingga semua orang dapat menjual barangnya melalui toko online miliknya sendiri. Barang yang dijual melalui Bukalapak dapat berupa barang baru maupun bekas. Bukalapak mempunyai slogan yaitu jual beli online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan kemudahan dalam proses jual beli baik dari sisi pembeli maupun pelapak kemudian Bukalapak memiliki sistem verifikasi data penjualan yang sangat bagus sehingga dapat meminimalkan penipuan terhadap pembeli maupun pelapak itu sendiri. Dengan adanya sistem seperti itu, Bukalapak memberikan jaminan 100% pengembalian terhadap uang yang telah dibayarkan apabila barang tersebut tidak dikirimkan oleh pelapak.

     Pada awalnya Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid pada awal tahun 2010 dirumah kos dikota Bandung, Jawa Barat. Pada awalnya Bukalapak merupakan sebuah startup kecil. Namun, Bukalapak baru dijadikan sebagai perseroan tertutup (PT) pada tahun 2011 dengan Achmad Zaky sebagi CEO dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO.

     Pada saat ini Bukalapak telah berkembang sangat pesat yang awalnya hanya tiga orang pada tahun pertama, sekarang Bukalapak telah menjadikan dirinya sebagai salah satu perusahaan yang cukup besar dengan kisaran 500 orang karyawannya yang tercatat pada tahun 2016 kemarin. Jumlah total transaksi jual beli Bukalapak sendiri tidak main-main yaitu mencapai kisaran 10 triliun rupiah pada tahun 2016 kemarin.

     Bukalapak sendiri sekarang telah mendapatkan sejumlah penghargaan atas kerja kerasnya selama ini, salah satu penghargaan yang telah didapatnya yaitu sebagai Champion Indonesia Original Brand 2017 dari Majalah Swa, Best PR-led Integrated Communications & Best Direct-to-Consumer PR Campaign dari PR Awards Marketing Magazine Southeast Asia 2017, Indonesia Netizen Brand Choice Award (NBCA) 2017 dari Majalah Warta Ekonomi dan masih banyak penghargaan lainnya.


   Untuk Website, bisa dilihat pada  https://www.bukalapak.com/.






BAB III
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Bahwa untuk saat ini E-Commerce telah menjadi pusat berbelanja pada masyarakat kita, khususnya masyarakat di ibu kota. 

B.       Saran
lebih diperbaiki dari segi visi dan misinya. Dikarenakan bila kita mengasumsikan selalu jadi yang pertama, maka tidak akan selamanya kita akan berada terus diatas. Tapi, jadilah yang beda, karena yang berbeda lebih terlihat mencolok, dan selalu diurutan teratas pada dimensinya.



REFERENSI
1. https://www.bukalapak.com/
2. https://www.bukalapak.com/about
3. http://irfanfadhil24.blogspot.com

4. https://www.bukalapak.com/about/award
5. http://www.unpas.ac.id
6. https://id.techinasia.com/bukalapak-tumbuh-signifikan-sejak-2015
7.http://tekno.liputan6.com/read/2823180/jumlah-transaksi-harian-bukalapak-capai-rp-50-miliar-di-2016


0 Comments:

Post a Comment